KEPUTIHAN PADA WANITA

PENYAKIT KEPUTIHAN PADA WANITA

keputihan pada wanita

keputihan pada wanita

Keputihan pada wanita, memanglah tidak enak dan mengganggu aktivitas wanita dewasa atau remaja putri. Keputihan pada wanita adalah hal yang umum terjadi. Konon hampir setiap wanita didunia pernah mengalaminya setidaknya sekali dalam seumur hidupnya.  Penyebabnya sangat beragam, mulai dari pengaruh hormonal, bakteri atau jamur.

Dalam keadaan normal, vagina memproduksi cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna, dan jumlahnya tak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual.

Keputihan yang sifatnya abnormal yang umumnya dipicu kuman penyakit (pathogen) dan menyebabkan infeksi. Akibatnya, timbul gejala-gejala yang sangat mengganggu, seperti berubahnya warna cairan menjadi kekuningan hingga kehijauan, jumlah berlebih, bahkan bisa sampai keluar dari celana dalam, kental, lengket, berbau tidak sedap atau busuk, terasa sangat gatal atau panas, dan menimbulkan luka di daerah mulut vagina

Selain cairan, di jaringan vagina juga hidup kuman pelindung (flora doderleins). Pada keadaan normal, jumlahnya cukup dominan dengan fungsi menjaga keseimbangan ekosistem vagina. Nah, pada beberapa kondisi hormonal, keseimbangan itu terganggu. Gangguan hormonal ini membuat cairan vagina yang keluar sedikit berlebih. Inilah yang disebut keputihan (lekore atau flour albus).

Lain hal dengan keputihan yang sifatnya abnormal yang umumnya dipicu kuman penyakit (pathogen) dan menyebabkan infeksi. Akibatnya, timbul gejala-gejala yang sangat mengganggu, seperti berubahnya warna cairan menjadi kekuningan hingga kehijauan, jumlah berlebih, bahkan bisa sampai keluar dari celana dalam, kental, lengket, berbau tidak sedap atau busuk, terasa sangat gatal atau panas, dan menimbulkan luka di daerah mulut vagina.

Jika itu yang terjadi, lebih baik konsultasi ke dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium dengan cara mengambil sedikit cairan untuk diperiksa, mengandung kuman atau tidak.

Keputihan Pada Wanita

Tags:

bahaya keputihan,bahaya keputihan pada wanita,dampak keputihan,dampak keputihan pada wanita,bahaya keputihan pada remaja,bahaya keputihan bagi wanita,bahayanya keputihan,keputihan pada wanita remaja,apa bahaya keputihan,dampak keputihan bagi wanita
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to KEPUTIHAN PADA WANITA

  1. Pingback: KEPUTIHAN PADA WANITA « KEPUTIHAN PADA WANITA

  2. purni mandira says:

    apakah ada obat alami keputihan??
    terimakasih

  3. agnes says:

    Vagina saya sering keputihan, gmn cara mengatasi nya?

  4. irma says:

    Gma caranya supaya tidak gatal dan apa aja sih mknan yg ga boleh di makan?

  5. vita says:

    saya sering mengalami keputihan pada sebelum atau sesudah menstruasi. apakah itu hal yg normal?
    tetapi pada saat tertentu saya juga sering mengalami keputihan dengan warna putih kental, jumlahnya banyak bahkan kadang sampai keluar dari celana dalam. berbahayakah hal tersebut? bagaimana cara mengatasinya? apakah pola makan juga berpengaruh pada munculnya keputihan??

  6. demian says:

    keputihan yang saya alami rasa nya gatal .kadang kulit daerah vagina sampai lecet-lecet .
    apakah itu berbahaya ?

  7. Angelina says:

    saya mngalami keputihan sudah bertahun2..rasanya gatal,berbau,warnanya agak kuning kental,lengket..apakah itu keputihan biasah,,dan apakah berbahaya???
    Trimakasih.

    • admin says:

      Mungkin sebagian orang adalah yang biasa,namun….kalo sudah berbau adalah tanda2 adanya infeksi….jangan dibiarkan jika tidak akan memperburuk keadaan.

  8. rina says:

    aku sering mengalami keputihan,, tapi akhir2 ni ko warnanya jadi brubah putih sperti susu,, tp berbau , , itu bahaya ap g ?? mohon jawabannya . . . ke email carolinevalencia14@yahoo.com. mksh

  9. lia says:

    saya mengalami keputihan.. kentel, warnanya khijau2an.. tapi enggag bau’, apalagi bau busuk.. itu termasuk kputihan normal ap apnormal..????
    gimana cara yg alami buat mengatasi agar gak balik lagi????

  10. ayatul anggraeni says:

    apakah keputihan itu berbahaya tlng di replay lewat imailll

  11. avie says:

    saya akhir2 ini mengalami keputihan yg sangat berlebihan,warnanya putih susu, berbau, dan saya mengalami gatal2 pada sekitar dinding vagina, apakah ini berbahaya ?

    • admin says:

      Kalo keputihan sudah berbau dan berwarna putih susu adalah tanda keputihan tersebut berbahaya. Keputihan sebaiknya diobati sejak dini, begitu timbul gejala. Karena keputihan kalau sudah kronis dan berlangsung lama akan lebih susah diobati. Selain itu kalau keputihan yang dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim kemudian kesaluran indung telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis (bertahun-tahun) bisa menjadi mandul bahkan bisa berakibat kematian. Selain itu yang harus diwaspadai, keputihan adalah gejala awal dari kanker mulut rahim. Jadi jangan sampai terlambat untuk tahu apa yang menjadi penyebab keputihan. Yang pasti jangan anggap remeh keputihan. Supaya kamu tidak menyesal di belakang hari nanti, karena akibat yang ditimbulkan oleh penyakit keputihan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>